Menu

Mode Gelap

Hot News · 29 Aug 2023 20:46 WIB ·

20 Ribu Peserta Hadiri Pesta Rakyat Simpedes BRI di Pandaan Pasuruan


					20 Ribu Peserta Hadiri Pesta Rakyat Simpedes BRI di Pandaan Pasuruan Perbesar

daulatrakyat.com–  Sebanyak 20.000 peserta hadir dan memeriahkan Pesta Rakyat Simpedes (PRS) BRI. Acara yang dipersembahkan oleh Tabungan BRI Simpedes sukses digelar di Pandaan, Pasuruan, Jawa Timur sejak 26 sampai 27 Agustus 2023.

Pesta Rakyat Simpedes merupakan bentuk nyata dukungan BRI terhadap Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM). Hal ini menjadi fokus utama BRI dalam melakukan pemberdayaan UMKM sekaligus meningkatkan literasi digital.

Menteri BUMN RI Erick Thohir didampingi Direktur Utama BRI Sunarso hadir dalam Pesta Rakyat Simpedes BRI di Taman Candra Wilwatika, Pandaan, Jawa Timur. (Foto: Dok. BRI)

Menteri BUMN RI Erick Thohir yang hadir dalam acara tersebut mengatakan, kegiatan PRS menjadi medium belajar untuk para UMKM untuk memajang produk mereka dan mendapatkan informasi serta inovasi untuk menaikkan kualitas produk mereka.

“Pesta Rakyat Simpedes ini juga menjadi pestanya orang yang mau sukses. Jangan membatasi diri, buktinya ini ada UMKM yang sampai bisa ekspor ke luar negeri,” ujar Erick Thohir.

Menurut Erick Thohir BRI telah menjadi ekosistem luar biasa untuk membantu UMKM. Ia menyebut sistem BRI sudah menjadi ekosistem luar biasa tidak hanya Bank BRI ada PNM ada Pegadaian yang tergabung dalam Holding Ultra Mikro menjadikan ekosistem sebagai kekuatan.

Suasana kemeriahan Pesta Rakyat Simpedes BRI di Taman Candra Wilwatika, Pandaan, Jawa Timur. (Foto: Dok. BRI)

“Pada blue print BUMN 2024-2034, disebutkan bahwa UMKM menjadi prioritas, selain peningkatan infrastruktur yang modern.

Momen Kebangkitan UMKM

Direktur Utama BRI Sunarso mengatakan kegiatan ini merupakan momentum kebangkitan pelaku UMKM Indonesia untuk mengerakkan perekonomian nasional.

Sunarso menjelaskan PRS menjadi acara yang rutin digelar secara tahunan oleh BRI sejak 2008 sebagai wadah pemberdayaan UMKM.

“Setiap tahunnya, BRI menggelar PRS tak kurang di 300 titik diseluruh Indonesia,” kata Sunarso.

Khusus tahun ini, PRS berlangsung sejak Juli 2023 dan akan digelar di 382 titik yang tersebar di seluruh Indonesia dengan melibatkan kurang lebih 5.000 UMKM.

Grup band Gigi sukses menghibur pengunjung Pesta Rakyat Simpedes BRI di Taman Candra Wilwatika, Pandaan, Jawa Timur. (Foto: Dok. BRI)

Sementara itu UMKM merupakan pilar terpenting dalam perekonomian Indonesia. Berdasarkan data Kementerian Koperasi dan UKM, jumlah UMKM yang mencapai 64,2 juta berkontribusi terhadap PDB sebesar 61,07% atau senilai Rp8.573,89 triliun.

Kontribusi UMKM terhadap perekonomian Indonesia pun memiliki kemampuan menyerap 97% dari total tenaga kerja Indonesia.

Berkaca dari kondisi tersebut, menurut Sunarso, BRI menilai pelaku UMKM di Indonesia sangat membutuhkan edukasi secara konsisten dan berkelanjutan daripada advokasi.

“Selama ini, beberapa wujud komitmen BRI dalam pemberdayaan UMKM di antaranya pembentukan Holding Ultra Mikro bersama dengan Pegadaian dan PNM,” imbuhnya.

PRS juga menjadi momentum bagi pelaku UMKM memperkenalkan produknya kepada masyarakat luas. Sehingga melalui kegiatan ini dapat meningkatkan penjualan atau omset dari pelaku usaha.

Dalam kegiatan PRS tersebut, BRI juga menyediakan fasilitas bagi pelaku UMKM untuk memperluas pemasaran, mendapatkan pelatihan untuk pengembangan usaha, dan kesempatan untuk kolaborasi bisnis.

Diikuti 150 UMKM Binaan BRI

PRS BRI Pandaan menghadirkan lebih dari 150 UMKM binaan BRI unggulan Jawa Timur, masyarakat umum, serta ratusan komunitas pegiat budaya Jawa Timur.

Berbagai program pemberdayaan UMKM dan literasi keuangan digital, serangkaian acara seni dan hiburan menarik disuguhkan.

Mulai dari pawai seni dan budaya yang diikuti lebih dari 500 peserta meliputi marching band, parade fashion, reog dan jaranan, majapahitan parade budaya antardesa, hingga spesial pagelaran wayang.

PRS di Pandaan ini juga menghadirkan berbagai diskon dan pilihan produk UMKM unggulan, aneka jajanan kuliner, cek kesehatan dan sembako gratis.

Kemudian ada edukasi seputar bisnis dan literasi digital, wahana permainan dan kompetisi e-sport, panen hadiah dan berbagai hiburan lain.

Kemeriahan PRS semakin lengkap dengan kehadiran beragam bintang tamu, mulai dari Via Vallen, Inul Daratista, Slank, Gigi, hingga Repvblik.***

Artikel ini telah dibaca 0 kali

badge-check

Penulis

Baca Lainnya

Geger, Video Viral Mahasiswa UNJA Jambi Diserbu Netizen 

18 May 2024 - 16:11 WIB

Geger, Video Viral Mahasiswa UNJA Jambi Diserbu Netizen 

Kegiatan Sosial dan Keagamaan Meriahkan Milad RS Islam Bogor Rayakan Milad ke-33

18 May 2024 - 16:03 WIB

Kegiatan Sosial dan Keagamaan Meriahkan Milad RS Islam Bogor Rayakan Milad ke-33

BRI Bagikan Mobil untuk AgenBRILink Berprestasi di Yogyakarta

18 May 2024 - 15:57 WIB

BRI Bagikan Mobil untuk AgenBRILink Berprestasi di Yogyakarta

Pasangan Satrya Graha dan Subagja Hamara Ketua dan Sekretaris AMSI Jabar 2024-2028

17 May 2024 - 17:29 WIB

Pasangan Satrya Graha dan Subagja Hamara Ketua dan Sekretaris AMSI Jabar 2024-2028

Sosok dan Biodata Vina Dewi Arsita atau Vina Cirebon Korban Pembunuhan Geng Motor  

17 May 2024 - 17:24 WIB

Biodata Vina Dewi Arsita atau Vina Cirebon Korban Pembunuhan Geng Motor

Perkuat Kerjasama dengan Kantor Dagang dan Ekonomi Indonesia di Taipei, BRI Taipei Berikan Layanan Penyetoran PNBP Langsung ke Kas Negara

17 May 2024 - 17:14 WIB

Perkuat Kerjasama dengan Kantor Dagang dan Ekonomi Indonesia di Taipei, BRI Taipei Berikan Layanan Penyetoran PNBP Langsung ke Kas Negara
Trending di Hot News