Menu

Mode Gelap

Hot News · 24 Nov 2023 22:05 WIB ·

BRI dan Kemendag Kolaborasi Latih UMKM Semarang Tembus Pasar Ekspor


					BRI dan Kemendag Kolaborasi Latih UMKM Semarang Tembus Pasar Ekspor Perbesar

daulatrakyat.com BRI dan Kemendag berkolaborasi menggelar pelatihan bagi UMKM Semarang jelang BRILIANPRENEUR 2023. Hal tersebut dilakukan agar bisa menembus pasar ekspor.

Sebagai tulang punggung perekonomian nasional, Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) terus didorong untuk naik kelas hingga go global. Hal ini menjadi salah satu alasan PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk atau BRI untuk berkomitmen memberikan pemberdayaan menyeluruh melalui pembiayaan maupun pendampingan.

Salah satu bentuk pemberdayaan yang diberikan BRI yakni program pelatihan dengan tujuan menaikkan level, dan memperbesar cakupan bisnis.

Seperti yang diberikan bekerja sama dengan Pusat Pelatihan Sumber Daya Manusia Ekspor dan Jasa Perdagangan (PPEJP) Kementerian Perdagangan untuk 30 pelaku UMKM di wilayah kota Semarang, Jawa Tengah. Hal itu dilakukan untuk bisa menembus pasar ekspor, sekaligus persiapan menuju event BRI UMKM EXPO(RT) BRILIANPRENEUR 2023.

Pelatihan BRI dan Kemendag

Peluang UMKM Go Internasional

Wakil Direktur Utama BRI Catur Budi Harto mengatakan bahwa kegiatan tersebut dapat memberikan peluang bagi UMKM untuk memperluas bisnisnya dari yang sebelumnya lokal menjadi berorientasi pasar nasional maupun go internasional.

“Melalui kegiatan ini harapannya UMKM bisa terus menjaga mutu dari produknya, pasarnya semakin terbuka, sehingga mereka bisa naik kelas dan bisa mengakses pasar lebih besar lagi,” ujar Catur.

Kepala Pusat Pelatihan SDM Ekspor dan Jasa Perdagangan Kementerian Perdagangan Sugih Rahmansyah berharap melalui pelatihan ini para pelaku UKM dapat meningkat pengetahuan di bidang ekspor dan mampu melakukan penetrasi ke pasar ekspor.

“Kolaborasi dan sinergi antara PPEJP Kemendag dengan BRI diharapkan dapat terus berlanjut guna semakin banyak UKM yang berhasil menjadi eksportir,” ucapnya.

Sementara itu pelatihan dilaksanakan tiga hari dan diikuti 30 pelaku UMKM yang berasal dari wilayah Semarang Raya. Para pelaku merupakan jebolan dari proses penyaringan melalui Rumah BUMN BRI yang memiliki produk mulai dari makanan, kerajinan, pakaian, dan mayoritas merupakan peserta lolos Kurasi BRI UMKM EXPO(RT) BRILIANPRENEUR 2023.

Tidak menutup kemungkinan masih ada pelaku UMKM yang perlu ditingkatkan pengetahuan tentang pengemasan produk dan cara memilih pasarnya.

Hingga saat ini pelaku UMKM binaan Rumah BUMN Semarang telah terdaftar sebanyak lebih dari 7.000 pelaku usaha dan mayoritas telah menjadi nasabah BRI.***

 

Artikel ini telah dibaca 0 kali

badge-check

Penulis

Baca Lainnya

BR013 Terbit, BRI Tawarkan Berbagai Program Menarik

14 June 2024 - 17:04 WIB

Program KPR Green Financing BRI Tawarkan Rumah Murah Sambil Jaga Kelestarian Lingkungan 

Update Jadwal Ganjil-Genap Puncak Libur Idul Adha 2024

14 June 2024 - 10:35 WIB

Libur Panjang Waisak, Satlantas Polres Bogor Mulai Berlakukan Ganjil Genap Hingga Minggu

BRI Kembali Buka 3 Program Rekrutmen Pekerja

13 June 2024 - 10:29 WIB

BRI Kembali Buka 3 Program Rekrutmen Pekerja

Tragis, Akibat Luka Bakar Sterno Siswi SMA Meninggal Dunia

13 June 2024 - 10:24 WIB

Luka bakar sterno

Direksi BRI Kompak Borong Saham BBRI Siratkan Bentuk Optimisme Kinerja

13 June 2024 - 08:47 WIB

Direksi BRI Kompak Borong Saham BBRI Siratkan Bentuk Optimisme Kinerja

Usai Ibu-Anak, Muncul Video Ayah dan Anak Baju Hitam 

12 June 2024 - 15:36 WIB

Usai Ibu-Anak, Muncul Video Ayah dan Anak Baju Hitam 
Trending di Hot News