Menu

Mode Gelap

Hot News · 25 Dec 2023 19:38 WIB ·

BRI dan BP2MI Sinergi Tingkatkan Literasi Dana Pensiun Pekerja Migran Indonesia


					BRI dan BP2MI Sinergi Tingkatkan Literasi Dana Pensiun Pekerja Migran Indonesia Perbesar

daulatrakyat.com – Sinergi BRI dan BP2MI terus digagas, salah satunya untuk meningkatkan literasi dana pensiun pekerja migran indonesia.

Badan Perlindungan Pekerja Migran Indonesia (BP2MI) mencatat jumlah penempatan Pekerja Migran Indonesia terus meningkat hingga mencapai 237.992 penempatan sepanjang Januari – Oktober 2023.

Namun peningkatan tersebut tidak berbanding lurus dengan literasi keuangan, khususnya terkait dana pensiun di antara pekerja Indonesia yang masih rendah. Otoritas Jasa Keuangan (OJK) mencatat tingkat literasi dana pensiun di Indonesia masih berada di angka 30,46% sedangkan inklusinya hanya mencapai 5,42%.

Berkaca dari kondisi tersebut, BRI berupaya meningkatkan literasi keuangan dengan mengadakan gathering Perusahaan Penempatan Pekerja Migran Indonesia (P3MI) bersama BP2MI pada 16 November 2023 lalu. Acara berlangsung di Semarang dengan dihadiri oleh 61 perwakilan Perusahaan Penempatan Pekerja Migran Indonesia (P2MI) yang berada di Jawa Tengah.

Permasalahan yang diangkat pada acara tersebut yakni masih banyaknya pekerja migran Indonesia yang belum sadar dalam merencanakan dan mengelola keuangan. Kurangnya literasi menyebabkan para pekerja belum memiliki pengetahuan untuk menyisihkan sebagian penghasilan untuk investasi dan dana pensiun.

SEVP Treasury & Global Services BRI Achmad Royadi mengatakan bahwa adanya gathering ini diharapkan dapat memberikan dampak positif dalam mengubah paradigma dan meningkatkan kesadaran di kalangan pekerja migran Indonesia. Apalagi, BRI terus berkomitmen memfasilitasi pekerja melalui produk dari Dana Pensiun Lembaga Keuangan (DPLK) disertai kemudahan untuk mengaksesnya.

“Ditambah lagi saat ini akses terhadap produk DPLK BRI sudah semakin mudah dan transparan, cukup menginstall satu aplikasi yaitu BRImo sudah bisa memantau saldo DPLK secara real time. Selain itu, pendaftaran DPLK BRI dan top up diluar iuran rutin pun dimungkinkan melalui aplikasi BRImo,” jelas Achmad Royadi.

Dalam sesi gathering, pemaparan materi disampaikan oleh Senior Manager DPLK BRI Bambang Eko Nur Prasetyo meliputi pengenalan terkait pentingnya memiliki dana pensiun, jenis-jenis program pensiun, manfaat yang dapat diperoleh, serta tips dalam merencanakan keuangan di masa pensiun khususnya bagi para pekerja di P3MI dan bagi Pekerja Migran Indonesia secara umum.

Kegiatan tersebut diikuti secara antusias oleh peserta. Tak jarang P3MI langsung mendaftarkan pekerja di perusahaannya ke DPLK BRI untuk mendapatkan fasilitas pengelolaan dana pensiun yang baik. Para peserta pun berharap, pekerja mereka semakin sejahtera tak hanya selama bekerja di luar negeri, tetapi juga ketika memasuki masa pensiun.***

Artikel ini telah dibaca 0 kali

badge-check

Penulis

Baca Lainnya

BR013 Terbit, BRI Tawarkan Berbagai Program Menarik

14 June 2024 - 17:04 WIB

Program KPR Green Financing BRI Tawarkan Rumah Murah Sambil Jaga Kelestarian Lingkungan 

Update Jadwal Ganjil-Genap Puncak Libur Idul Adha 2024

14 June 2024 - 10:35 WIB

Libur Panjang Waisak, Satlantas Polres Bogor Mulai Berlakukan Ganjil Genap Hingga Minggu

BRI Kembali Buka 3 Program Rekrutmen Pekerja

13 June 2024 - 10:29 WIB

BRI Kembali Buka 3 Program Rekrutmen Pekerja

Tragis, Akibat Luka Bakar Sterno Siswi SMA Meninggal Dunia

13 June 2024 - 10:24 WIB

Luka bakar sterno

Direksi BRI Kompak Borong Saham BBRI Siratkan Bentuk Optimisme Kinerja

13 June 2024 - 08:47 WIB

Direksi BRI Kompak Borong Saham BBRI Siratkan Bentuk Optimisme Kinerja

Usai Ibu-Anak, Muncul Video Ayah dan Anak Baju Hitam 

12 June 2024 - 15:36 WIB

Usai Ibu-Anak, Muncul Video Ayah dan Anak Baju Hitam 
Trending di Hot News