Menu

Mode Gelap

Hot News · 24 Dec 2023 13:58 WIB ·

Pernikahan Mewah Anaknya Disorot, Inilah Profil Jenderal Agus Andrianto


					Pernikahan Mewah Anaknya Disorot, Inilah Profil Jenderal Agus Andrianto Perbesar

Bogordaily.net – Profil Jenderal Agus Andrianto jadi sorotan setelah pernikahan mewah anaknya viral.

Pernikahan mewah Andre Azhar dan Asyifa Dewi pada Sabtu (16/12/2023) kemarin membuat sosok Wakapolri Komjen Pol Agus Andrianto ikut ramai disorot.

Diketahui, Agus merupakan ayah dari pengantin pria yang sekarang menjabat sebagai orang nomor dua di Polri. Tak heran bila publik kemudian turut mengulik profilnya, termasuk tentang riwayat karirnya.

Bagaimana tidak? Sebab Agus rupanya pernah masuk dalam bursa calon Kapolri alias sudah hampir dijadikan pucuk pimpinan Korps Bhayangkara.

Namun pada akhirnya Agus tumbang oleh Jenderal Pol Listyo Sigit Prabowo yang merupakan adik tingkat dua angkatan di bawahnya.

Profil Jenderal Agus Andrianto

Agus Andrianto merupakan polisi kelahiran 16 Februari 1967 yang mulai menapak karir sejak lulus dari Akademi Kepolisian (Akpol, dahulu Akabri) pada tahun 1989.

Karier Agus didominasi di bidang reserse sampai terbukti dirinya pernah menempati jabatan sebagai Kepala Badan Reserse Kriminal (Kabareskrim) Polri periode 2021-2023.

Sebelumnya berbagai jabatan pernah diemban Agus, seperti menjadi Dirtipidum Bareskrim Polri (2016) dan turut menangani kasus penistaan agama oleh Basuki Tjahaja Purnama (BTP) alias Ahok.

Lalu Agus juga pernah menjadi Kapolda Sumatera Utara (2018), kemudian Kabaharkam Polri (2019) menggantikan Firli Bahuri yang menjadi Ketua KPK.

Pada tahun 2019 itulah Agus disebut-sebut masuk dalam daftar nama yang diajukan oleh Kompolnas untuk menjadi Kapolri pengganti Idham Azis. Kala itu ada sejumlah nama perwira lain yang masuk dalam daftar, termasuk Kapolri petahana, Listyo Sigit Prabowo, yang merupakan lulusan Akpol tahun 1991.

Namun pada akhirnya Presiden Joko Widodo lebih memilih Sigit sebagai Kapolri dan akhirnya resmi dilantik pada 27 Januari 2021. Sigit merupakan Kapolri termuda kedua dalam sejarah Indonesia setelah Tito Karnavian dilantik Jokowi pada tahun 2016.

Menariknya, Agus kemudian dimutasi dari jabatannya sebagai Kabaharkam Polri dan ditempatkan menjadi Kabareskrim Polri, posisi yang ditinggalkan Sigit. Lalu dua tahun berselang, Agus akhirnya dipilih menjadi Wakapolri menggantikan Komjen Pol (Purn.) Gatot Eddy Pramono dan resmi dilantik pada 24 Juni 2023.

Nama Komjen Pol Agus Andrianto sudah lama dikenal oleh publik. Pasalnya, sejak 24 Juni 2023 lalu, dirinya telah menjabat sebagai Wakil Kepala Kepolisian Negara Republik Indonesia (Wakapolri).

Komjen Agus Andrianto juga kerap kali menangani kasus-kasus besar yang terjadi di Indonesia.

Kasus Besar yang Ditangani Agus Andrianto

Kasus besar tersebut di antaranya yaitu kasus Ferdy Sambo dan kasus penistaan agama yang melibatkan mantan Gubernur DKI Jakarta, Ahok.

Kasus Pembunuhan Ferdy Sambo

Agus tercatat pernah menangani kasus pembunuhan yang dilakukan oleh Mantan Kadiv Propam Polri Ferdy Sambo.

Ketika masih menjabat Kabareskrim, ia pernah tangani kasus pembunuhan terhadap Brigadir Yosua Hutabarat yang melibatkan eks Kadiv Propam Ferdy Sambo.

Kala itu Ferdy Sambo masih menjabat sebagai Kadiv Propam Mabes Polri dengan pangkat jabatan Irjen atau Jenderal bintang dua.

Saat itu, Ferdy Sambo diduga telah melakukan tindakan pembunuhan berencana terhadap ajudannya Brigadir Yosua Hutabarat di rumah dinasnya di Kalibata, Jakarta Selatan.

Meski Konjen Agus masih menyandang pangkat jenderal bintang tiga, ia ikut turun tangan menangani kasus tersebut.

Komjen Agus ikut datang ke lokasi olah TKP di rumah Ferdy Sambo. Selain itu, Komjen Agus juga meminta sejumlah anggota Brimob yang bersenjata lengkap untuk datang ke Bareskrim Polri.

Kasus Penistaan Agama Ahok

Selain kasus Ferdy Sambo, Komjen Agus juga ikut terlibat dalam penanganan kasus penistaan agama yang menyeret nama Basuki Tjahaja Purnama atau Ahok pada 27 September 2016.

Saat itu Ahok dilaporkan oleh sejumlah ormas ke polisi atas tuduhan penistaan agama. Kemudian, pada 16 November 2016, Jaksa menuntut Ahok dengan hukuman penjara selama 1 tahun dengan masa percobaan 2 tahun.

Pernikahan Mewah Viral di TikTok

Pernikahan Iptu Andre Azhar tiba-tiba saja viral. Bukan tanpa alasan, Andre merupakan anak dari Wakapolri Komjen Pol Agus Andrianto, sedangkan wanita cantik yang dinikahinya adalah seleb TikTok dan pengusaha Asyifa Dewi.

Salah satu yang mengunggahnya adalah akun TikTok @amienilyas13. Bahkan tampaknya pemilik akun cukup mengenal dekat keluarga pengantin, terbukti dari cengkrama hangatnya dengan istri Wakapolri, Evi Celiyanti.

Terlihat di video tersebut detik-detik ketika Agus dan Evi turun dari mobil yang mengantarkan mereka ke venue pernikahan, ICE BSD Tangerang.

Lalu satu-persatu keluarga pengantin hingga para tamu tiba di tempat pernikahan yang sudah disulap dengan dekorasi mewah dan cantik tersebut.

Namun yang menjadi gunjingan publik tentu saja suasana pernikahan yang sangat mewah.

Terlihat beraneka ragam bunga, lampu gantung yang cantik, serta sejumlah ornamen lain memeriahkan Gedung Nusantara ICE BSD tersebut.

Dekorasi pernikahan didominasi warna ungu keemasan, yang selaras dengan pakaian yang dikenakan oleh pengantin serta keluarga.

Turut mencuri perhatian adalah keberadaan pria bule yang diduga sebagai besan Agus Andrianto hingga upacara pedang pora sebelum Andre Azhar dan Asyifa Dewi memasuki venue.

Andre Azhar yang merupakan anak sulung Wakapolri terlihat tampan dengan balutan seragam coklat kepolisiannya, sementara Asyifa Dewi tampak cantik dan mempesona dengan balutan busana berwarna keunguan.

Asyifa terlihat lebih sempurna lagi dengan headpiece yang dikenakan di sanggulnya.

Terlihat sejumlah pejabat penting menjadi tamu di pernikahan tersebut, mulai dari Ibu Negara iriana Jokowi yang didampingi Kahiyang Ayu, Menteri Pertahanan Prabowo Subianto, serta tentu saja atasan Agus, Kapolri Listyo Sigit Prabowo.

Namun yang membuat publik kian takjub adalah deretan pengisi acara yang diundang. Pasalnya pernikahan itu menghadirkan Choky Sitohang sebagai pembawa acara, serta Lyodra Ginting dan Tulus sebagai penyanyi.

Suasana yang sangat mewah itu sontak menjadi perbincangan publik, sebagaimana dilihat di kolom komentar.

“Lebih mewah pernikahan anak Wakapolri dari pernikahan anak Presiden,” sindir warganet.

Mewahnya pernikahan tersebut sampai memunculkan spekulasi soal biaya yang dihabiskan.

Bila dilansir dari Bride Story, pernikahan di ICE BSD untuk seribu tamu saja sudah menghabiskan biaya hingga Rp605 juta belum termasuk pajak.

Makanan yang disediakan di paket tersebut juga baru mencakup sekian ratus porsi, sehingga bisa jadi pemilik acara harus menambah katering untuk para tamu.

Tak heran bila muncul anggapan pernikahan ini menghabiskan sampai miliaran rupiah karena turut mengundang penyanyi besar Tanah Air sampai memperhitungkan biaya untuk busana pengantin dan keluarga.

Sebab, honor untuk mengundang Tulus dan Lyodra pun diperkirakan mencapai ratusan juta rupiah.

Itulah ulasan dan informasi mengenai Profil Jenderal Agus Andrianto yang jadi sorotan setelah pernikahan mewah anaknya viral.***

Artikel ini telah dibaca 0 kali

badge-check

Penulis

Baca Lainnya

Ketua DPRD Kabupaten Bogor Apresiasi Layanan Kesehatan Bagi Caleg Gagal di Pemilu 2024

22 February 2024 - 12:30 WIB

Ketua DPRD Kabupaten Bogor Apresiasi Layanan Kesehatan Bagi Caleg Gagal di Pemilu 2024

Punya Holding Ultra Mikro, Saham BBRI Diprediksi Akan Terus Cetak Rekor

21 February 2024 - 19:28 WIB

Punya Holding Ultra Mikro, Saham BBRI Diprediksi Akan Terus Cetak Rekor

Digitalisasi Berbasis Ekosistem: Meningkatkan Daya Saing dan Adaptasi Pasar

21 February 2024 - 19:12 WIB

Menyusuri Kawasan Wisata Pecinan Kya Kya Surabaya, UMKM Semakin Berkembang Berkat Dukungan BRI

20 February 2024 - 20:15 WIB

Isi Susunan Kabinet Prabowo-Gibran yang Bocor dan Viral di Media Sosial

20 February 2024 - 13:00 WIB

Jelang Restrukturisasi Kredit COVID-19 Berakhir, BRI Siapkan Strategi Pencadangan Memadai

20 February 2024 - 11:14 WIB

Trending di Hot News