Menu

Mode Gelap

Politik · 11 Jan 2024 08:31 WIB ·

Membaca Makna Pose Tiga Jadi Wapres Ma’ruf Amin di HUT PDIP


					Membaca Makna Pose Tiga Jadi Wapres Ma’ruf Amin di HUT PDIP Perbesar

daulatrakyat.com – HUT PDIP ke -51 PDIP di Sekolah Partai PDIP, Lenteng Agung, Jakarta Selatan, Rabu 10 Januari 2024 berlangsung tanpa Jokowi tapi ada wakil presiden (wapres) Ma’ruf akin yang menghadiri HUT itu.

Perayaan HUT PDIP itu juga sempat jadi omongan politik setelah wapres ikut berpose tiga jari.

Soal ini, Sekretaris Jenderal PDIP, Hasto Kristiyanto angkat bicara. Ia menilai apa yang dilakukan Ma’ruf pada perayaan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-51 PDIP itu adalah bentuk persahabatan.

Hasto menyebut Ma’ruf Amin memiliki kedekatan khusus dengan Ketua Umum PDIP, Megawati Soekarnoputri. Tanda tiga jari bukan berarti Ma’ruf Amin tidak netral dalam Pemilu.

“Ini kan persahabatan antara Kiai Haji Ma’ruf Amin dan ibu Mega ini kan sangat dalam,” ujar Hasto kepada wartawan, Kamis (11/1/2024).

Hasto menyebut Ma’ruf kerap kali mengadakan pertemuan dengan Megawati dalam berbagai kesempatan. Keduanya disebut Hasto juga merupakan sosok yang memiliki karakteristik spiritual sama hampir sama.

“Bahkan kedua pemimpin sering berdialog dan liat karakter spiritualitasnya ini kan tidak jauh berbeda,” katanya.

Apalagi, Ma’ruf hadir pada acara perayaan HUT PDIP yang cukup sakral. Kehadiran Maruf dianggap memberikan warna tersendiri pada acara tersebut.

“Tentu saja kami sejak awal mengatakan bahwa kehadiran bapak Kiai Haji Ma’ruf Amin telah memberikan spirit dan warna di dalam peringatan ulang tahun ke-51 ini, beliau juga memahami makna kebenaran dalam politik itu,” pungkasnya.

Diketahui, Wakil Presiden (Wapres) Ma’ruf Amin melakukan pose tiga jari saat menghadiri acara perayaan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-51 PDIP di Sekolah Partai PDIP, Lenteng Agung, Jakarta Selatan, Rabu (10/1/2024). Ia berpose bersama para petinggi PDIP dan undangan lainnya.

Momen pose ciri khas PDIP itu dilakukan Ma’ruf Amin saat sesi foto bersama. Awalnya, usai menyampaikan sambutan, Maruf Amin diminta untuk kembali ke atas panggung.

Ia diminta mengikuti sesi potong tumpeng yang dilakukan oleh Ketua Umum PDIP, Megawati Soekarnoputri. Di atas panggung, ada juga Calon Presiden nomor urut tiga, Ganjar Pranowo; Ketua Dewan Pimpinan Pusat (DPP) PDIP, Puan Maharani; Ketua DPP PDIP, Prananda Prabowo; dan Sekjen PDIP, Hasto Kristiyanto.

Lalu, undangan lain yang diminta naik ke atas panggung adalah Ketua Umum Partai Perindo, Hary Tanoesudibjo; Wakil Ketua Umum Hanura Benny Rhamdani, Plt Ketua Umum PPP, Mardiono, dan Ketua Umum Tim Pemenangan Nasional (TPN) Ganjar-Mahfud, Arsjad Rasjid.

Dibantu Puan anaknya, Megawati pun menyerahkan potongan tumpeng pertama kepada Ma’ruf Amin. Setelah itu, para undangan yang ada di atas panggung juga menerima potongan tumpeng lainnya.

Setelah itu, pembawa acara mengajak melakukan sesi foto bersama. Terlihat seluruh peserta yang ada di atas panggung berpose tiga jari dengan mengangkat jari telunjuk, jempol, dan kelingking.

Ma’ruf yang hadir mewakili Presiden Joko Widodo itu terlihat tersenyum sambil melihat tangan kanannya yang berpose tiga jari itu.***

Artikel ini telah dibaca 0 kali

badge-check

Penulis

Baca Lainnya

Jenguk Petugas Pemilu di Rumah Sakit, Walikota Bogor Ingin Tahapan Hingga Penghitungan Dievaluasi

21 February 2024 - 23:11 WIB

Hasil Pileg Kabupaten Bogor 2024. Inilah Juaranya!

21 February 2024 - 23:02 WIB

Beres Coblosan,  Rumah Ketua KPPS Dibom!

21 February 2024 - 15:55 WIB

PPP di Dapil 5 Kota Bogor versi Real Qount KPU, Novianthy Raih Suara Terbanyak 

20 February 2024 - 12:39 WIB

PPP di Dapil 5 Kota Bogor versi Real Qount KPU, Novianthy Raih Suara Terbanyak 

Yasmin Sanad Optimis Menang Mohon Doa dan Kawal Suara

19 February 2024 - 12:56 WIB

Ngga Laris di Pemilu, 6 Caleg Artis Ini Terancam Gagal Masuk DPR

19 February 2024 - 12:52 WIB

Ngga Laku di Pemilu, 6 Caleg Artis Ini Terancam Gagal Masuk DPR
Trending di Politik