Menu

Mode Gelap

Politik · 25 Jan 2024 20:01 WIB ·

Ribuan Anggota KPPS Kabupaten Bogor Dilantik


					Ribuan Anggota KPPS Kabupaten Bogor Dilantik Perbesar

daulatrakyat.com Ribuan anggota Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) di setiap desa di Kabupaten Bogor dilantik pada Kamis, 25 Januari 2024. Mereka dilantik oleh Panitia Pemungutan Suara (PPS) di setiap desa dengan cara membacakan ikrar sekaligus menandatangani pakta integritas.

Pantauan di beberapa desa, seluruh anggota KPPS dilantik mengenakan baju batik dan celana berwarna hitam. Setiap desa menyelenggaran pelantikan pada hari yang sama namun ada yang dilaksanakan pagi, siang, sore, bahkan ada yang malam hari.

Di Desa Ciawi, Kecamatan Ciawi misalnya. Sebanyak 182 anggota KPPS (54 di antaranya perempuan) dari 26 Tempat Pemungutan Suara (TPS) dilantik di Gedung Universitas Djuanda (Unida) Bogor mulai pukul 13.00 WIB.

Pelantikan dihadiri PPK Ciawi, PPS Desa Ciawi, Kepala Desa Ciawi Nana Sumarna, Babinsa, Babinkamtibmas, serta perwakilan pengurus Yayasan Pusat Studi Pengembangan Islam Amaliyah Indonesia (YPSPIAI) H Syafei.

Ketua PPS Desa Ciawi, Ujang Khamun, dalam sambutannya berharap seluruh anggota KPPS harus siap jiwa raga serta menjaga integritas.

“Jaga integritas dan kualitas Pemilu sesuai dengan pakta integritas yang diikrarkan serta ditandatangani oleh setiap anggota KPPS,” ujarnya. Ia juga membicarakan sambutan Ketua KPU Provinsi Jawa Barat Ummi Wahyuni.

Fahruroza dari PPK Ciawi menyebutkan bahwa Pemilu tahun 2024 cukup berbeda dengan Pemilu 2019.

“Tahun ini lebih bermain aplikasi dalam pelaporannya. Anggota KPPS wajib mengunduh aplikasi Sirekap. Silakan juga pelajari Undang-Undang Nomor 7 Tahun 2017, PKPU No. 14/2023, PKPU 25/2023, dan Keputusan KPU 26/2024,” ujarnya.

Sementara itu, Kades Ciawi, Nana Sumarna, mengatakan, meski Ciawi bukan daerah rawan bencana tetapi persiapan harus matang.

“Persiapkan TPS-nya agar tidak mudah roboh diterjang angin. Saya akan keliling ke setiap TPS. Jaga Pemilu yang bermartabat. Jaga persatuan walau beda pilihan,” pesannya.

Terpisah, di Kecamatan Caringin, pelantikan juga dilakukan terhadap 315 anggota KPPS se-Desa Ciderum yang berasal dari 45 TPS. Desa Ciderum adalah salah satu desa terbanyak Daftar Pemilih Tetap (DPT) setiap tahunnya di Kecamatan Caringin, Kabupaten Bogor.

Pelantikan anggota KPPS Desa Ciderum dilangsungkan di GOR IPAMA, Kampung Cibolang Kamis pagi, 25 Januari 2024.

Prosesi pelantikan juga tak berbeda dengan yang dilakukan di desa lainnya. Setiap anggota membacakan ikrar serta meneken pakta integritas.

Sementara itu, sejak pelantikan anggota KPPS mulai bertugas selama satu bulan lamanya. Mereka beberapa hari kemudian akan melaksanakan bimbingan teknis (bimtek).
(Acep Mulyana)

Artikel ini telah dibaca 0 kali

badge-check

Penulis

Baca Lainnya

Rini Indriani, Calon Wakil Bupati Kulon Progo 2024 yang Jadi Perbincangan Politisi dan Para Tokoh. Siapa Dia?

19 July 2024 - 16:01 WIB

Rini Indriani, Calon Bupati Kulon Progo 2024 yang Jadi Perbincangan Politisi dan Para Tokoh. Siapa Dia?

Siap Maju Jadi Bupati Bogor, Rudy Susmanto Dapat Dukungan Penuh dari BARUTO

19 July 2024 - 13:34 WIB

Siap Maju Jadi Bupati Bogor, Rudy Susmanto Dapat Dukungan Penuh dari BARUTO

Dedie A Rachim Terima Surat Tugas Calon Wali Kota Bogor dari DPP PSI

18 July 2024 - 13:58 WIB

Dedie A Rachim Terima Surat Tugas Calon Wali Kota Bogor dari DPP PSI

Doktor Asal Gaza Palestina Terpesona Program Dokter Rayendra

18 July 2024 - 13:36 WIB

Doktor Asal Gaza Palestina Terpesona Program Dokter Rayendra

Emak-emak Deklarasikan Duet Rudy Susmanto-Elly Yasin Calon Bupati Bogor 2024

17 July 2024 - 12:43 WIB

Emak-emak Deklarasikan Duet Rudy Susmanto-Elly Yasin Calon Bupati Bogor 2024

Komunitas Ojek Ciomas Dukung Jaro Ade Bupati Bogor

17 July 2024 - 12:09 WIB

Komunitas Ojek Ciomas Dukung Jaro Ade Bupati Bogor
Trending di Politik